Breaking News

LIFESTYLE | Astaga.com lifestyle on the net | Musik Indonesia Di Tahun 2010


Perkembangan Musik Indonesia Di Tahun 2010
Astaga.com - lifestyle on the net

Pengertian Dan Sejarah Musik :
- Musik merupakan bunyi yang diterima oleh individu dan berbeda-beda berdasarkan sejarah, lokasi, budaya dan selera seseorang.
Definisi sejati tentang musik juga bermacam-macam:
¦Bunyi/kesan terhadap sesuatu yang ditangkap oleh indera pendengar
¦Suatu karya seni dengan segenap unsur pokok dan pendukungnya.
¦Segala bunyi yang dihasilkan secara sengaja oleh seseorang atau kumpulan dan disajikan sebagai musik
- Beberapa orang menganggap musik tidak berwujud sama sekali.
Musik menurut Aristoteles mempunyai kemampuan mendamaikan hati yang gundah, mempunyai terapi rekreatif dan menumbuhkan jiwa patriotisme.
- Dan saat ini musik merupakan lifestyle atau gaya hidup masyarakat saat ini. Terlebih lagi musik di Indonesia telah ada lama mulai jaman nenek moyang kita.

Perkembangan Musik Dari tahun ke tahun.
Ada artikel yang menyebutkan bahwa penyanyi Indonesia mengalahkan popularitas penyanyi Malaysia di negerinya sendiri. seperti Sheila on 7 di pertengahan tahun 90-an telah mencetak rekor tersendiri dengan menjual 200.000 lebih keping album di Malaysia. Sebuah angka fantastik untuk ukuran sana, konon Siti Nurhalisa-pun belum mampu mencapai rekor ini. Perkembangan musik Indonesia memang sangat dinamis terutama di akhir tahun 90-an. Kesuksesan Sheila on7 sebagai group band yang berasal dari indilabel membuka mata para produser, bahwa para penyanyi Indie ini gak bisa di anggap sebelah mata. Padahal sebelum itu para produser musik selalu mencari posisi aman dengan hanya bermain-main di wilayah musik pop dengan penyanyi yang tetap. Untuk Info Artis yang lebih detail bisa berkunjung ke Astaga!com lifestyle on the net

Perkembangan musik dari tahun 70an sampai 2010an
1. Era Sebelum 70-an
Mulai dari tahun 1970-an banyak dipenuhi dengan lagu-lagu yang bertemakan perjuangan, keberanian, semangat dan kebangsaan seperti Maju tak gentar, Bandung lautan api, dll. Apakah semua masih hafal dengan lagu itu???hehe
Untuk mengenang peristiwa 24 maret 1946, waktu itu Jepang menyerah kepada tentara Sekutu * ceriyanya panjang banget* maka Bapak Ismail Marzuki menciptakan lagu Sepasang Mata Bola.

2. Era 70-an
Tahu julukan The Beatlles-nya Indonesia itu diberikan kepada siapa ??? Bener banget Koes Plus jawabannnya. Lagu-lagunya banyak mencapai Hits dan hits single ' Why do u love me' merupakan single yang sampai saat ini masih kita banyak jumpai.

3. Era-80-an
Pada era ini jenis lagu yang mendominasi adalah lagu pop yang mendayu-dayu, bertempo lambat dan cenderung berkesan cengeng. Sebagai artis yang populer seperti Rinto Harahap, Pance pondaaq, A ryanto, dan Obbie Mesakh. Mereka pencipta lagu yang cukup produktif di era 80an. Nia Daniaty, Betharia Sonata, Ratih Purwasih, Iis Sugianto, adalah beberapa nama yang merupakan spesialis lagu sedih. Diantaranya lagu 'gelas-gelas kaca' dan lagu 'hati yang luka' milik Betharia Sonata. Lagu yang berjudul " Aku masih seperti yang dulu', yang di nyanyikan Dian Piesesha bahkan sampai terjual 2 juta kopi. Tapi berbeda dengan Fariz RM, Vina Panduwinata, Gombloh dll. Musik mereka sering disebut sebagai musik pop kreatif. Lagu Vina yang berjudul 'Burung Camar' malah jadi hits dimana-mana.

4. Era 90an
Setelah Mentri Harmoko melakukan pelarangan terhadap musik aliran musik cengeng ini menjadi surut, dan musik pop Indonesia seperti kehilangan arah. Dampak positifnya musik dangdut menjadi lebih hidup dan meriah. 'Gantengnya Pacarku' hits dangdut pertama yang dinyanyikan Nini karlina semakin exisnya perkembangan musik dangdut.
Di waktu musik Indonesia kehilangan jati dirinya, masuklah Ami Search musisi dari negeri Malaysia dengan lagunya ' Isabela' dan langsung booming samapi sekarang! Dan akhirnya banyak artis Malaysia yang bertebaran di Indonesia. Ada Dedy Dores, Nike Ardilla, Inka Christy,Nafa urbach yang mencoba mengikuti aliran Amy Search dan menciptakan gaya musik baru. Beberapa nama baru muncul di dunia rekaman Indonesia, ada Kahitna, Java jive, Krisdayanti, Jingga, Padi, Cokelat, Air, Wong, Peterpen, dan masih banyak lagi!

5. Era 2000
Banyak band-band yang cenderung lebih diminati daripada penyanyi solo. Band yang tenar pada tahun 2000an ada seperti Peterpen, Ungu, Dewa, Gigi, Ten 2 Five, Maliq d'esential, Samson, Nidji, dan Radja seakan band papan atas Indonesia. Kalau untuk penyanyi solo yang sukses ada Tompi, Rio Febrian, Resa Herlambang, Bunga C Lestari, Shanty, Dewi sandra.

6. Era 2010an
Era ini musik cenderung laris digabungkan dengan video klip, dan para band-band baru cenderung lebih terkenal lewat video klip. Band pendatang baru seperti Kangen Band, D'masiv, dll. Band yang sekarang lagi booming-boomingnya ada seperti The Potters, ST 12, Juliette, Pee Wee Gaskins, Hijau Daun dan masih masih banyak yang lain. Untuk Solois ada Agnes Monica, Cinta Laura, Afgan, Eren, Firman. Untuk yang ingin tahu gosip-gosip hot yang update bisa lagsung cek ke Astaga!com lifestyle on the net.
Apalagi semenjak munculnya MTV kemudian disusul seperti Inbox, Dasyat, Derings, Kiss Vaganza dan masih banyak yang lain. Tapi hal negatif yang terjadi adalah para Vj terkadang sering buka-bukan atau menyerang teman sendiri. Bahkan waktu saya Googling menemukan artikel "bahkan yang membuat saya bingung kenapa di acara INBOX tidak pernah menampilkan lagu BBB dimana Rafi Ahmad menjadi personil dari group ini yang notabene dia adalah host dari DAHSYAT, atapun lagu Olga Syahputra - Hancur Hatiku di putar di acara INBOX ?"

Maju terus musik Indonesia……!!!!!!!!
Astaga.com - lifestyle on the net

Avatar Mantap di Puncak Box Office
Anda mendukung (Alm) Gus Dur dinobatkan sebagai Pahlawan Nasional?

3 komentar: